Rabu, 10 Oktober 2012

Study Guide Week 3 Kapita Selekta


1.    Apakah yang dimaksud dengan istilah paradigma atau paradigm ? Apa pula yang dimaksud dengan research paradigm ? 
  Paradigma atau paradigm adalah suatu perkembangan dari ilmu pengetahuan yang didasarkan pada pemahaman dan asumsi seseorang dalam memandang pengetahuan alam dan dunia atau pun mengenai bagaimana riset harus dilakukan.

2.   Pelajari 2 research paradigm yang dijelaskan di chapter 3. Jelaskan dengan kata-kata anda sendiri tiap aspek dalam research paradigm tersebut. Cari setidaknya 2 jurnal internasional yang mencerminkan research paradigm yang ada!


3.       Apa yang dimaksud dengan methodology dan method dalam suatu riset?
a.       Methodology merupakan :
ü  Suatu bentuk studi atau analisis teoritis mengenai suatu cara atau metode.
ü  Suatu kumpulan aturan, prosedur dan bentuk-bentuk kegiatan yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin keilmuan.
ü  Dalam pengertian secara sederhananya, metodologi merupakan bentuk pendekatan yang dilakukan dalam penelitian.
b.      Metode adalah suatu cara yang dilakukan di tahap pengumpulan data dalam suatu penelitian.

4.      Apa yang dimaksudkan dengan reliability dan validity dalam suatu riset ?
a.       Reliability adalah suatu kemungkinan dari hasil penelitian dinyatakan sama ketika kembali dilakukan penelitian oleh peneliti yang berbeda (hasil penelitian harus bersifat repeatable dan konsisten)
b.      Validity adalah keakuratan hasil penelitian sehingga dapat menginterpretasikan keadaan yang sebenarnya (sejauh mana penemuan dari riset merepresentasikan secara akurat situasi yang sebenarnya terjadi). Dalam hal ini, validity juga merupakan kesesuaian antara kondisi existing dengan model representasinya.

5.       Apa yang dimaksud dengan triangulation dalam suatu riset?
Triangulation merupakan bentuk penggabungan dan penyelarasan dari suatu pendekatan riset, metode, dan teknik dalam suatu penelitian. Kombinasi penggabungan tersebut member validitas dan reliabilitas yang lebih baik daripada penelitian yang hanya menggunakan satu metodologi. Easterbhy-smith, et al. (1991) mengemukakan 4 tipe triangulation seperti di bawah ini :
ü  Investigator triangulation : beberapa peneliti yang berbeda mengumpulkan data secara terpisah kemudian membandingkan hasilnya secara bersama-sama.
ü  Data traingulation: data dikumpulkan dalam waktu yang berbeda dan sumber yang berbeda.
ü  Methodological triangulation : menggunakan metode kualitatif dan kuantatif secara bersamaan.
ü  Triangulation of theories : teori dari suatu disiplin ilmu tertentu misal marketing digabungkan dengan teori dari disiplin ilmu lain misal accounting.

Refrensi 
Hussey, J. and Hussey, R. (1997) Business Research: A Practical Guide for Undergraduate and Postgraduate Students, Macmillan Business, London.



0 komentar:

Posting Komentar